Rabu, 13 April 2011

Tata Cara Pendaftaran UM Undip 2011

  1. Melakukan  pendaftaran 'get pin'. Pendaftaran ini adalah untuk mendapatkan pin dari web site um.undip.ac.id dengan mengisi : nama, no identitas (SIM, KTP yang masih berlaku), pilihan ujian (IPA/IPS/IPC/Lanjutan D3) yang akan menentukan pemilihan program studi/jurusan dan jumlah pilihan (IPA dan IPS boleh maksimal 2 pilhan program studi, sedangkan IPC boleh maksimal 3 pilihan program studi, lanjutan D3 hanya 1 pilihan). Hasil pendaftaran get pin calon peserta akan mendapatkan no pin yang akan digunakan sebagai bill key (kunci pembayaran) untuk membayar biaya pendaftaran di bank mandiri. Waktu pendaftaran adalah tanggal 2 Mei s.d 24 Juni 2011.
  2. Melakukan pembayaran biaya pendaftaran ke multi payment bank mandiri dengan melalui internet banking, ATM  ataupun langsung di teller bank mandiri, tata cara pembayaran bisa di lihat di bawah ini. Biaya pendaftaran IPA, IPS, lanjutan D3 adalah Rp. 200.000,- sedangkan IPC adalah Rp. 250.000,- . Pembayaran biaya pendaftaran tanggal 2 Mei s.d 24 Juni 2011.
  3. Melakukan pendaftaran 'isi formulir'. Pendaftaran ini dilakukan dengan login di situs um.undip.ac.id -> menu 'Pendaftaran UM '-> menu 'Isi Formulir'. Waktu pendaftaran tahap ini adalah sama dengan waktu tahap I yaitu tanggal 2 Mei  s.d 24 Juni 2011. Pendaftaran 'Isi formulir' tidak bisa dilakukan jika pendaftaran 'get pin'  (point 1) dan pembayaran biaya pendaftaran (point 2)  belum dilakukan. Pada Tahap ini calon peserta diwajibkan mengisi formulir pendaftaran.
    • Masukkan no pin dan password yang telah didapat pada point 1 diatas
    • Mengisi formulir untuk kelengkapan berkas. Isilah semua data yang diminta, sampai pada tahapan akhir nanti jika sudah yakin betul dengan data yang diisikan maka tekan tombol “daftar” (pada tabulasi final). Setelah menekan tombol 'daftar' maka akan muncul no peserta ujian dan kelompok ruang ujian serta menu untuk mencetak kartu peserta ujian (KPU)  yang akan digunakan pada saat verifikasi nanti.
    • Mencetak kartu dan Surat Keterangan Kesanggupan membayar SPMP. Kartu Peserta Ujian dan Surat Keterangan Kesanggupan Membayar SPMP akan muncul sekaligus. Anda bisa mencetak langsung dan atau menyimpannya. Mencetak kartu hanya bisa dilakukan ketika semua data yang diminta dalam formulir pendaftaran telah diisikan. Pastikan dulu bahwa data yang anda isikan telah benar sesuai dengan yang diinginkan termasuk yang paling penting adalah pilihan jurusan atau program studi serta spmp. Setelah mencetak kartu peserta ujian, calon peserta tidak bisa mengedit kembali data yang telah diisikan.
  4. Melakukan verifikasi (pengesyahan) pendaftaran pada tanggal 2 Juli 2011 1 jam sebelum ujian diruang Ujian. Verifikasi akan dilakukan oleh pengawas dengan membawa syarat-syarat. Untuk peserta yang memilih lokal ujian di luar semarang dikenakan biaya verifikasi dan ujian sebesar Rp. 50.000,- yang disetorkan ke pengawas ujian.
  5. Mengikuti ujian tertulis tanggal 2 Juli 2011

Cara Melakukan Pembayaran
a. Melalui internet banking bank mandiri :
  1. Lakukan login ke situs Situs Bank Mandiri dengan User ID dan PIN Internet Banking Bank Mandiri Saudara. Atau langsung ke >> Sini
  2. Pada menu utama, pilih menu ‘Pembayaran’ kemudian pilih menu ‘Multi Payment’.
  3. Pada combo box ‘Dari Rekening’, pilih rekening Saudara yang akan digunakan untuk bertransaksi.
  4. Pada combo box ‘Penyedia Jasa’, pilih 10004 Universitas Diponegoro.
  5. Masukkan 'No. PIN' (10 digit) yang telah didapat pada pendaftaran 'get pin'  pada kotak isian No_peserta/NIM/Bill_Key yang tersedia kemudian klik ‘Lanjutkan’
  6. Kemudian identitas anda akan muncul beserta biaya pendaftaran yang harus dibayarkan kemudian cantumkan tanda (v).
  7. Jika data telah sesuai, klik tombol ‘ Lanjutkan’.
  8. Masukkan PIN Mandiri (6 digit) yang diperoleh dari Token PIN Mandiri lalu klik tombol ‘Kirim’.
b. Pembayaran lewat ATM Bank Mandiri dengan langkah-langkah sebagai berikut:
  1. Pilih menu ‘Pembayaran/Pembelian’.
  2. Pilih ‘Multi Payment’.
  3. Masukkan kode perusahaan: 10004 (Universitas Diponegoro) kemudian tekan ‘BENAR’.
  4. Masukkan No. PIN (10 digit) (sebagai bill key) yang didapat dari pendaftaran.
  5. Tekan tombol ‘BENAR’.
  6. Layar akan menampilkan identitas dan jumlah pembayaran anda kemudian tekan ‘1’ jika data telah sesuai.
  7. Untuk melakukan eksekusi tekan ‘YA’, untuk pembatalan tekan ‘TIDAK’.
  8. Transaksi telah selesai.

c. Melalui Teller Bank BNI' 46, Bank BTN, dan Bank Mandiri
Jika melalui Internet Banking atau ATM  bank mandiri tidak bisa dilakukan, maka calon peserta bisa datang ke teller bank Mandiri untuk melakukan pembayaran biaya pendaftaran UM 2011. Pembayaran tidak perlu menggunakan no rekening. Calon peserta cukup menyebutkan NO PIN saja dan jelaskan bahwa akan membayar biaya pendaftaran UM Undip melalui 'multipayment'. Jangan lupa untuk meminta bukti pembayaran dari bank mandiri.

 

0 komentar:

 

Recent Post

Powered By Blogger

Label Posting